top of page
Search

Peran Promosi untuk Berbagai Kegiatan



Ditambah dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini, promosi bukan lagi barang mahal yang membutuhkan anggaran hingga ratusan juta. Ini membuat bertambah mudahnya kejuaraan-kejuaraan untuk dapat diselenggarakan oleh para event organizer yang berkecimpung pada pengelolaan dibidang olahraga agar dapat dikenal oleh masyarakat umum. Adapun dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi saat ini membuat semakin banyaknya media yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan setiap kejuaraan yang ada. Media-media yang sudah beragam, dimulai dari media cetak, media elektronik, dan media sosial tentu sangat mendukung untuk mudahnya setiap kejuaraan yang diadakan diketahui oleh masyarakat. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.


Di era globalisasi ini, peran promosi menjadi hal yang sangat penting adanya dalam penyelenggaraan kejuaraan, baik di tingkat daerah sampai dengan tingkat nasional. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk dapat mendapatkan peserta dengan jumlah yang signifikan. Salah satu bagian terpenting dari sebuah event adalah promosi, karena salah satu parameter sebuah event adalah memiliki jumlah peserta. Promosi sangatlah penting dalam memperkenalkan sebuah produk dan juga menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Karena dengan promosi, konsumen akan lebih mengenal tentang produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Promosi melalui media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.


Yang terbaru saat ini adalah media sosial, dimana penggunaannya sudah sangat popular dikalangan masyarakat dari anak muda sampai bahkan orang tua pun tidak sedikit yang mengakses berbagai macam media sosial yang ada disela-sela waktu luangnya. Ekasari (2014) menyatakan bahwa kini era social media secara pelan namun pasti telah ‘memaksa’ banyak perusahaan mengubah cara mereka berkomunikasi. Maraknya penggunaan sosial media seperti Facebook, Twitter, dan forum komunikasi sosial media yang lain mau tak mau memaksa perusahaan meningkatkan model ber-komunikasi. Perangkat sosial media ini adalah hal yang lumrah selalu bersentuhan dengan aktivitas kita terutama bagi para pengguna internet.


Penggunaan media sosial yang sudah semakin menyeluruh sampai ke pelosok negeri membuat semakin mudahnya informasi sampai kepada narasumber. Dalam hal ini media sosial Instagram dan YouTube masih menjadi primadona bagi para event organizer. Banyaknya pengguna media sosial mendorong kreatifitas para pelaku event organizer untuk semakin kreatif dalam mempromosikan setiap kejuaraan yang diadakannya. Selain itu peran media sosial, seperti twitter, whatsapp, facebook, Instagram, dan berbagai macam media sosial lainnya, diharapkan mampu untuk mempermudah informasi sampai kepada masyarakat, sehingga kejuaraan yang diadakan dapat menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi.


Media sosial digunakan karena memiliki waktu yang fleksibel, penonton yang tidak terbatas, hubungan langsung antara pengguna dan penonton, serta keunggulan biaya, dimana biaya untuk menyalurkan informasi melalui media massa dapat dilakukan secara gratis melalui media sosial. Umami (2015) menyatakan bahwa media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Media sosial digunakan sebagai alat promosi karena memiliki respon secara langsung dengan penggunanya. Karena popularitas media sosial, banyak merek olahraga yang menginvestasikan waktu dan sumber daya secara besar-besaran untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan mereka. Sebagai contoh acara seperti Super Bowl, FIFA World Cup, dan Olimpiade.


Social Media Marketing adalah salah satu bentuk marketing dengan menggunakan konsep social media. Social media marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk memasarkan produk atau jasa. Social media marketing memberikan perusahaan cara untuk meraih pelanggan baru dan terlibat dengan pelanggan yang sudah ada (Investopedia). Social media adalah fase perubahan bagaimana orang menemukan, membaca, berbicara, dan membagi-bagikan informasi, berita, data kepada orang lain. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial. Social media menjadi sangat populer karena kemudahan dan memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk dapat terhubung secara online dalam bentuk hubungan personal, politik dan kegiatan bisnis.

5 views0 comments

Recent Posts

See All

Semacam Apa Aplikasi Keuangan Itu?

Secara simpel, aplikasi akuntansi dapat dimengerti selaku seperangkat sistem yang dirancang buat menunjang kegiatan akuntansi dengan berbasis modularitas yang silih terintegrasi meliputi materi pembel

bottom of page